26

Cara Merawat Mesin Printer DTG

Hampir semua mesin printer DTG yang ada di pasaran berasal dari modifikasi mesin printer inkjet yang biasa digunakan untuk mencetak di atas kertas, biasanya dari printer Epson yang dijadikan flatbed printer sehingga dapat digunakan untuk sablon kaos. Dengan demikian secara umum perawatan yang diperlukan juga sama.
Mesin DTG standar menggunakan tinta CMYK (cyan magenta yellow black) dan kadang-kadang ditambah light magenta (lM) dan light cyan (lC). Tapi berbeda dengan tinta printer biasa yang menggunakan bahan dasar dye, tinta printer DTG berbahan dasar pigment mirip seperti yang dipergunakan pada mesin printing roll-to-roll di pabrik tekstil. Pigment pada tinta printer DTG ini tidak terlalu mudah mengendap sehingga tidak menyebabkan penyumbatan pada head printer (print head clogged) walaupun printer DTG tidak dipergunakan beberapa hari bahkan beberapa minggu. Perawatan mudah seperti perawatan pada mesin printer biasa yang menggunakan tinta dye.
Tapi persoalan menjadi sangat berbeda jika printer DTG diisi dengan tinta putih yang dipergunakan sebagai dasar untuk printing pada bahan berwarna hitam atau warna gelap lainnya. Tinta putih ini menggunakan bahan TiO2 (titanium dioksida) sebagai pigment warna putihnya. TiO2 ini adalah pigmen yang berat dan cenderung cepat mengendap.
Kaos yang akan di-print tinta putih sebagai dasarnya harus di-pretreatment dulu menggunakan cairan khusus untuk pretreatment dengan cara disemprotkan menggunakan kompresor atau hand-sprayer. Tempat pretreatment harus terpisah dengan tempat printer DTG yang berisi tinta putih karena uap cairan pretreatment yang sedang disemprotkan akan bereaksi dengan tinta putih pada permukaan nozzle head printer DTG dan menyebabkan penyumbatan yang dikenal dengan istilah DTG white ink problem
Setelah mengetahui latar belakang printer DTG, kita akan membahas apa-apa saja yang harus dilakukan agar mesin printer DTG dapat terus beroperasi dengan lancar dan terhindar dari kerusakan yang sebenarnya bisa dihindari.

Lokasi Penyimpanan Printer DTG

Printer DTG adalah alat elektronik seperti halnya mesin fotocopy atau televisi misalnya, Anda tentu tidak akan menyimpan peralatan elektronik seperti itu di tempat yang kotor berdebu, panas, atau sangat lembab.
Printer DTG sangat sensitif terhadap debu, kelembaban, dan temperatur, oleh karena itu tempatkan pada tempat yang bersih dengan temperatur 18 – 27 derajat Celcius dan kelembaban sekitar 40% – 80%. Suhu yang terlalu tinggi dan kelembaban yang terlalu rendah mempercepat keringnya tinta pada head printer DTG. Kelembaban yang terlalu tinggi juga tidak baik bagi peralatan elektronik karena mengakibatkan jamuran. Jamuran pada permukaan head printer DTG juga bisa menyebabkan penyumbatan.
Kalau begitu apakah printer DTG harus di tempatkan di ruang ber-AC dengan kelembaban yang dijaga ketat? Menurut pengalaman sendiri, temperatur ruang dan kelembaban seperti umumnya di Indonesia masih bisa ditolerir. Saya di Jakarta menempatkan printer DTG di ruangan tanpa AC dengan temperatur sekitar 32 derajat Celcius, yang penting tidak kena sinar matahari langsung dan ruangannya bersih, tidak becek, dan berdebu.
Jika printer DTG menggunakan tinta putih, pisahkan ruangan tempat menyemprotkan pretreatment dengan ruang tempat penyimpanan atau beroperasinya printer DTG.

Printer DTG Perlu Dirawat Secara Rutin

Jika ada yang membeli mobil, tentu pemiliknya tidak akan hanya memakai terus mobil itu sampai hancur, pasti ia akan melakukan perawatan berkala: mengganti olie, menjaga tekanan ban, mengganti suku cadang yang aus dsb. Bahkan jika mobil itu sangat jarang dipakai sekalipun, pemiliknya akan tetap memanaskan mesinnya dan mengeceknya secara berkala.
Tapi banyak pemilik printer DTG yang mengabaikan perawatan pada mesin printer DTG nya, beranggapan mesinnya adalah benda ‘plug and play’ yang dapat terus berfungsi sesuai keinginan pemiliknya. Mesin dibiarkan berdebu atau kotor tanpa perawatan, suku cadang yang seharusnya dibersihkan atau diganti dibiarkan sampai benar-benar rusak dan mengganggu operasional mesin. Printer DTG yang jarang atau hampir tidak pernah digunakan dibiarkan dengan tinta dalam cartridge atau damper sampai mengering.
Akhirnya daripada sibuk mengerjakan order pencetakan kaos, sang pemilik ini lebih banyak menghabiskan waktunya curhat di forum-forum ‘korban DTG’ 🙂
Melakukan perawatan rutin pada printer DTG akan memperpanjang usia pakai mesin tersebut, menghindarkannya dari kerusakan (menjadikannya mesin yang trouble-free), lebih efisien dalam penggunaan. Mesin yang terawat akan membantu menghemat tinta, mengurangi frekwensi head-cleaning and nozzle check yang sangat memboroskan tinta, membuang-buang kaos/bahan lain yang gagal di-print atau terkena noda tinta yang bersarang di dalam mesin. Juga menghindarkan dari pemborosan karena harus membeli print head baru gara-gara print head nya tersumbat parah (print head clogging) dan tidak bisa lagi diatasi dengan cairan pembersih head printer (print head cleaning solution atau jika khusus untuk DTG dijual dengan nama DTG cleaning solution).
Kalau begitu perawatan rutin apa saja yang perlu dilakukan?

Bagaimana cara perawatan rutin printer DTG

Mesin printer DTG yang Anda beli adalah investasi Anda, dan Anda atau pegawai Anda harus berkomitmen menyediakan waktu untuk melakukan perawatan rutin setiap memulai dan akhir hari kerja. Jika tidak bisa berkomitmen pada hal ini, lebih baik tidak usah membeli mesin printer DTG karena nantinya hanya akan membuat masalah yang memusingkan dan membuang-buang waktu dan uang. Perawatan mesin DTG itu sebenarnya sangat mudah, hanya diperlukan waktu beberapa menit saja.

Hal Yang Harus Dilakukan Tiap Hari Sebelum Jam Kerja:

  • Sebelum menghidupkan mesin printer DTG periksalah ink level pada ink tanks (botol) CISS, jangan sampai kehabisan tinta karena dapat menyebabkan print head kemasukan udara yang nantinya akan menghambat atau mengganggu aliran tinta.
  • Periksa waste ink tank yang terletak di belakang mesin printer DTG. Buang isinya jika hampir penuh, jangan sampai kepenuhan dan luber, karena akan mengotori bagian dalam mesin.

Nozzle Check Printer DTG

Melalui prosedur nozzle check kita bisa mengetahui bagaimana kinerja print head inkjet dalam ‘menyemburkan’ tinta yang menentukan DTG print quality mesin tersebut. Jika hasil print buram/jelek tapi ternyata semua nozzle bekerja, berarti masalah terletak di bagian lain misalnya jarak bed ke print head terlalu jauh, atau head perlu di-allignment dst. Tapi jika hanya 50% nozzle yang bekerja, maka dapat dipastikan print head yang bermasalah entah disebabkan capping station yang kering, wiper blade yang kotor, atau gara-gara mesin cukup lama tidak dipergunakan (dan tidak diberikan perawatan rutin). Jadi prosedur nozzle check dapat diumpamakan sebagai diagnostic-check printer DTG. Untuk nozzle check tinta putih, gunakan kertas berwarna gelap, misalnya karton manila warna hitam.

Prosedur Nozzle Check Printer DTG

  • Pagi saat menghidupkan mesin printer DTG lakukan nozzle check, jangan langsung melakukan siklus head cleaning karena proses ini membuang tinta jauh lebih banyak dan belum tentu perlu dilakukan kalau headnya memang sudah dalam keadaan bersih. Tidak usah menggunakan bahan kaos, tapi boleh menggunakan kertas hvs. Kertas ditempel menggunakan selotip, hati-hati jangan sampai terangkat dan mengenai/menyerempet print head. Prosedur ini akan mengalirkan tinta dalam print head sehingga membantunya membuang sumbatan jika memang terjadi sedikit sumbatan.
  • Jika hasilnya kurang bagus, kurang tajam atau ada garis yang terputus barulah dilakukan head cleaning.
  • Ulangi nozzle check, jika hasil masih kurang memuaskan, jangan diulangi siklus head cleaning lagi, tapi tempelkan kertas tissue yang dibasahi cairan pembersih head pada permukaan print head, tidak usah digosok-gosok karena dapat menggores permukaan printhead, cukup disentuh-sentuhkan saja. Ganti dengan tissue baru jika kotor sekali.
  • Ulangi nozzle check, jika hasil masih kurang memuaskan ulangi siklus head cleaning. Dan jika masih gagal maka harus dilakukan prosedur pencucian printing head. Gunakan cairan pembersih print head khusus untuk DTG (DTG print head cleaning solution) yang bermutu tinggi seperti yang diproduksi oleh jualdigitalsablon.com. Jika hasilnya sudah memuaskan maka printer DTG siap untuk digunakan.

Hal Yang Harus Dilakukan Tiap Hari Selesai Jam Kerja:

Bersihkan capping station

Cara membersihkan capping station printer DTG

Capping station adalah semacam tray yang terletak di sebelah kanan printer DTG. Tray ini akan terangkat dan menutup bagian bawah print head pada saat printer sedang tidak digunakan, sehingga tidak ada kontak langsung dengan udara yang dapat menyebabkan permukaan print head kering. Pada saat dilakukan siklus head cleaning, capping station ini terangkat sehingga print head tersegel. Selanjutnya pompa waste ink menyedotnya, menimbulkan vakum yang menghisap tinta dari print head untuk dibuang ke waste ink tank. Lama kelamaan kelebihan tinta ini akan terakumulasi dan mengering di atas busa pada permukaan capping station dan menyebabkan capping station tidak dapat menyegel bagian bawah print head dengan sempurna. Yang terjadi kemudian adalah, karena capping station tidak menyegel print head maka tinta pada nozzle print head akan mengering dan mengakibatkan print head tersumbat.
Jika terjadi pada tinta putih, maka Anda harus mengatakan ‘good bye’ pada print head Anda, membuangnya dan membeli yang baru. Karena tidak ada cara untuk melarutkan dan menghancurkan sumbatan tinta putih yang sudah terjadi, walaupun Anda menggunakan head cleaning solution (cairan pembersih print head) yang paling mahal, apalagi jika sudah mengering sampai ke dalam alur tinta di dalam print head assembly.
Capping station dibersihkan menggunakan cotton bud yang dibasahi cairan pembersih print head.

Selalu Menjaga Kelembaban Capping Station

Cara Menjaga kelembaban capping station printer DTG

Capping station memiliki busa pada permukaan atasnya, dan ada kemungkinan busa ini mengeras dan penuh dengan tinta yang kemudian akan mengering. Memberikan beberapa tetes cairan pelembab (print head cleaner produksi jualdigitalsablon.com mengandung bahan pelembab ini) pada busa ini akan menjaga kelembaban print head sepanjang malam dan juga mencegah penumpukan tinta pada busa capping station.

Bersihkan Wiper Blade

Semua printer Epson memiliki wiper blade mini yang terbuat dari karet silikon (mirip wiper pada kaca mobil), yang berfungsi untuk menyapu permukaan bawah print head. Jika printer mencetak dengan kecepatan tinggi, maka pada permukaan bawah head mulai terbentuk butiran tetesan tinta, wiper blade akan menyapu butiran tinta ini. Jika printer DTG menggunakan tinta putih, maka tinta putih yang lengket akan terkumpul di wiper blade dan jika mengering akan menyebabkan kinerja wiper blade tidak efektif lagi. Wiper blade harus dibersihkan tiap hari seperti halnya capping station. Wiper blade dibersihkan menggunakan cotton bud yang dibasahi cairan pembersih print head.

Periksa Spit Tray

Cara mengganti busa pada spit tray printer DTG

Spit tray terletak disebelah kiri printer. Saat mencetak, setelah bolak-balik beberapa kali print head akan berhenti di atas spit tray ini dan menyemburkan tinta (seperti orang meludah), gunanya adalah untuk membuang kelebihan tinta. Tinta akan terkumpul dalam spit tray ini dan ditampung/diserap oleh pad busa. Gantilah pad busanya jika sudah terlalu banyak tintanya, jangan sampai luber membasahi bagian dalam mesin.

Bersihkan Permukaan Bawah Print Head Assembly

Cara membersihkan print head DTG

Perhatian!, yang dimaksud dengan permukaan bawah print head assembly disini adalah daerah yang menonjol di sekeliling print head termasuk PW sensor. Print head sendiri berbentuk pelat mengkilap tempat deretan nozzle berada. Kotoran yang melekat disana bisa berasal dari kaos atau bahan lain yang menyentuh permukaan bawah head saat sedang mencetak. Atau berasal dari bulu-bulu kain yang melekat akibat jarak print head ke bahan yang dicetak terlalu dekat. Permukaan bawah print head yang kotor akan mengakibatkan timbulnya garis horizontal yang tidak diinginkan pada hasil print.
Permukaan bawah print head assembly ini dapat dicapai pada saat membersihkan wiper blade dan capping station. Bersihkan dengan kertas tissue yang halus dan dibasahi dengan cairan pembersih print head. Hati-hati jangan sampai menyentuh apalagi menggores print head!

Guncang-guncangkan Wadah Tinta Putih

Kantong wadah tinta putih DTG

Seperti telah disebutkan di atas, tinta putih yang pigmennya terbuat dari bahan TiO2 itu sangat mudah mengendap. Pada tinta putih yang baik kualitasnya, endapan ini dapat kembali larut dalam tinta jika diguncang-guncangkan. Hampir semua DTG lokal menggunakan wadah kantong plastik (mirip yang biasa digunakan untuk menyimpan darah di Rumah Sakit) untuk menyimpan tinta putihnya, karena bisa dan gampang diguncang-guncang atau diputar-putar tanpa resiko tumpah. Wadah tinta putih diguncangkan tiap pagi saat mulai jam kerja dan sore hari saat akhir jam kerja. Guncangkan perlahan-lahan jangan sampai timbul busa atau gelembung udara. Jangan diremas terlalu keras karena tinta dapat menyemprot kedalam cartridge/dumper.
Mesin printer DTG impor (yang harganya pasti mahal!) ada yang menggunakan sistem perawatan tinta putih otomatis. Dengan sistem ini tinta putih disirkulasikan agar tidak mengendap dan difilter agar endapan partikel yang mungkin masih terbentuk tidak memasuki saluran tinta print head.
Mesin printer DTG DS-DTG yang dirancang dan diproduksi oleh jualdigitalsablon.com adalah satu-satunya mesin printer DTG rakitan lokal yang dilengkapi dengan sistem perawatan tinta putih otomatis ini, yang dinamakan WIMS (White Ink Maintenance System).
WIMS dikendalikan oleh mikrokontroler yang mandiri terlepas dari printer DTG. WIMS dapat diprogram agar dapat hidup (on) tiap berapa jam sekali dan kemudian menghidupkan pompa sirkulasi tinta putih selama selang waktu tertentu yang juga dapat diprogram (di-setting) oleh operator.
Jadi dengan sistem WIMS ini juga terjawab pertanyaan apakah mesin printer DTG harus dihidupkan pada malam hari. Soalnya ada beberapa vendor mesin printer DTG lokal yang menganjurkan pemilik DTG menghidupkan printer DTG nya di malam hari untuk melakukan head cleaning atau sekedar nozzle check.
Pemilik DS-DTG tidak usah melakukan hal tersebut, karena WIMS akan bekerja secara otomatis untuk Anda.
White Ink Maintenance System - WIMS

Untuk melakukan perawatan rutin harian seperti yang disebutkan di atas, Anda hanya akan menghabiskan waktu beberapa menit saja!
Selanjutnya adalah perawatan rutin yang minimal harus dilakukan seminggu sekali. Apalagi jika mesin printer DTG Anda sangat sibuk nge-print karena banyak orderan … aminnn!    🙂
Dalam mesin printer inkjet biasa, perawatan yang akan dibahas di bawah tidak perlu dilakukan. Tapi lain halnya pada printer inkjet yang dimodifikasi menjadi mesin printer DTG. Pada saat mencetak ke kaos, software driver printer (DTG RIP software) akan mengeluarkan tinta jauh lebih banyak, yang tentunya akan ada kelebihan tinta yang menyebar ke berbagai bagian mesin.
Juga debu yang berasal dari lingkungan, bulu-bulu yang berasal dari bahan katun kaos dapat berakumulasi di mesin printer. Semuanya dapat menyebabkan gangguan terutama jika terakumulasi di bagian-bagian yang bergerak seperti encoder strips, drive belt printer assembly, print head assembly carriage shaft, linear shaft.

Bersihkan Encoder Strip

Cara membersihkan encoder strip printer DTGPada printer Epson, encoder strip ini letaknya di belakang print head assembly, berupa pita plastik tipis yang membentang dari bagian kiri sampai kanan printer. Pada pita tipis ini ada garis-garis vertikal yang sangat tipis, yang dibaca oleh sensor dalam print head assembly untuk mengetahui posisi print head assembly. Jika hasil print terdapat pola aneh yang seharusnya tidak ada, maka patut dicurigai encoder strip ini kotor. Encoder strip ini dapat dilepaskan, ada cantelan pada ujung-ujungnya. Tapi untuk perawatan rutin, encoder strip ini tidak usah dilepaskan. Cukup diusap dengan kertas tissue yang dibasahi IPA (isopropil alkohol), jangan menggunakan alkohol(etanol) karena banyak mengandung air yang jika menguap akan meninggalkan bercak. Juga jangan sekali-kali menggunakan minyak kayu putih, thinner atau aseton!

Bersihkan Print Carriage Drive Belt Gear

Cara membersihkan Print Carriage Drive Belt Gear

Drive belt ini fungsinya menggerakan print head assembly. Bersihkan dari dari debu atau bulu-bulu kain menggunakan sikat gigi halus atau kuas kecil.

Berikan pelumas pada Print Head Assembly Carriage dan Carriage Linear Shaft dan Linear Slide Unit

Cara memberi pelumas pada printer DTG

Print Head Assembly Carriage adalah batang besi stainless tempat dudukan print head assembly dalam melakukan gerakan ke kiri dan ke kanan. Bersihkan dari debu dan bulu-bulu kain, lalu beri pelumas.
Carriage Linear Shaft adalah batang besi stainless tempat bed printer bergerak maju-mundur. Linear Slide Unit adalah semacam linear bearing yang bergerak di carriage linear shaft ini. Juga harus dibersihkan dari debu dan bulu-bulu kain, lalu beri pelumas.
Untuk pelumas gunakan silicon grease tapi jika tidak ada boleh juga digunakan minyak pelumas Singer yang biasa digunakan untuk melumasi mesin jahit. Hindari penggunaan olie kendaraan bermotor apalagi stempet!

Periksa cartridge, damper, ink tanks CISS

Printer DTG umumnya menggunakan sistem CISS (Continuous Ink Supply System). Pada sistem ini tinta yang ditampung dalam botol-botol plastik khusus (ink tanks) terus disuplay ke cartridge atau damper melalui selang.
Lama kelamaan ada ada endapan tinta (dan kotoran jika tinta berkualitas rendah atau ditanganinya kurang bersih) dalam ink tanks, selang (termasuk fitting untuk menghubungkan selang ke cartridge atau damper), cartridge atau damper. Karena harganya murah, sebaiknya diganti baru jika sudah kotor atau dipakai beberapa bulan

Ganti filter WIMS

Cara mengganti filter WIMS

Khusus untuk mesin printer DTG merek DS-DTG yang sudah dilengkapi sistem WIMS, filter tinta putih harus diganti beberapa bulan sekali. Atau segera diganti jika motor pompa tinta putih bekerjanya semakin berat karena filternya sudah kotor.

sablon digital

26 Comments

  1. Selamat malam.
    saya sedang mencari printer dtg untuk usaha sablon digital.
    Setelah membaca penjelasan diatas,saya tertarik dengan printer dtg nya.
    Berapa harga unitnya?
    Jika ingin mendapatkan contoh hasil sablon,bagaimana caranya?
    Terima kasih
    Taufik,bekasi

  2. Malam… kalo boleh tau harga printer dtg di jualdigitalsablon.com brp yah sy tertarik ingin membuka usaha sablon ini… thx

    • Penawaran dah di email, silahkan dibuka, bila ada pertanyaan bisa kontak kembali.

  3. Malam gan, saya ada rencana buka usaha sablon kaos. Boleh saya dikirimi list harga dan spesifikasi printer DTG-nya. Tx sebelumnya.

    • Penawaran dah dikrm via email, silahkan di lihat, bisa kontak kembali jika ada yang ingin di tanyakan

      BB: 2B0A2735
      HP/WA : 085710035053

    • Penawaran dah dikrm via email, silahkan di lihat, bisa kontak kembali jika ada yang ingin di tanyakan

      Citta Himawan
      BB: 2B0A2735
      HP/WA : 085710035053

  4. Malam mas..,tadix sy membaca tentang printer DTG dan tertarik untuk membuka usaha sablon!mengenai harganya, berapa ya mas
    makasih sebelumnya…

    • Penawaran, spesifikasi produk sudah saya email, untuk info bisa kontak ke:

      Citta Himawan
      BB: 2B0A2735
      HP/WA : 085710035053

      • Pagi gan, saya ada rencana buka usaha sablon kaos. Melengkapi konveksi yg saya jalankan Boleh saya dikirimi list harga dan spesifikasi printer DTG-nya. Tx sebelumnya.

        • 1 Unit Printer DS-DTG
          RIP Software
          1 Pcs Tray 32X44 Cm
          1 Set textile ink CMYK (@ 100 ml)
          1 liter Pretreatment
          1 Spray Manual
          1 Botol Head Cleaner 100 ml
          Traning di showroom kami, cara pengoperasian printer DTG
          + cara perawatan dan troubleshooting

          harga, foto Printer DTG dan spesifikasi saya krm VIA email

  5. gan, saya jg tertarik mau buka usaha print digital untuk baju.
    bisa tolong kirim list harga dan spek DTG nya?
    bisa tolong kirim yg printer transfer nya jg sekalian?
    thx.

    • Penawaran Hrg Foto Printer DTG di krm via email, silahkan dilihat atau bisa kontak ke:
      Citta Himawan
      BB: 2B0A2735
      HP/WA : 085710035053

  6. gan, saya tertarik mau buka usaha print digital untuk baju,
    mohon pencerahannya mana yang lebih baik pakai printer
    dtg atau printer tranfer tinta sublim?
    bisa tolong kirim list harga dan spek DTG nya?

    • Printer DTG uk A3 bisa print ke kaos warna putih dan warna gelap, biy produksi per kaos A3 warna pth berkisar Rp 6.500

      Digital sablon kapasitas uk A4, gunakan transger paper, per lembar Rp 10.000, lum biy print

  7. Saya tertarik dengan dtg nya ..bisa minta
    List harga printer dtg nya..saya coba usaha printing kaos..trims

    • Penawaran Printer DTG, Foto produk di krm ke email, silahkan di buka

  8. Apakah printer DTG bisa menggunakan tinta Eco Solvent?
    Dan apabila bisa, apakah ada perawatan ekstra?
    Terima kasih,

  9. selamat siang gan, mohon maaf untuk harga printer digitalnya kena berapa ya perunitnya, untuk usaha saya selanjutnya terimakasih mohon infonya ya gan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *